Selasa, 25 Maret 2025

ILMU PENGUKURAN ( METROLOGI )


 A. Pengertian Ilmu Pengukuran (Metrologi).

Ilmu pengukuran (Metrologi) adalah disiplin ilmu yang mempelajari bagaimanakah cara pengukuran, kalibrasi (penyetelan alat ukur) dan akurasi di bidang dunia usaha dan industri, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ilmu pengukuran dikelompokkan ke dalam tiga kategori utama dengan tingkat kerumitan dan akurasi yang berbeda-beda yaitu:

1. Metrologi Ilmiah: berhubungan dengan pengaturan dan pengembangan standarstandar pengukuran dan pemeliharaannya.

2. Metrologi Industri: bertujuan untuk memastikan bahwa sistem pengukuran dan alat-alat ukur di dalam dunia industri berfungsi dengan akurasi yang memadai, baik dalam setiap proses persiapan, produksi, maupun pengujiannya.

3. Metrologi Legal: berkaitan dengan pengukuran yang berdampak pada transaksi ekonomi, kesehatan, dan keselamatan.

               Baca Juga :  Settig Awal CAD untuk Pemula 

                                    Sejarah Mesin Bubut

B. Pengertian Pengukuran (Measurement)

Pengukuran adalah membandingkan suatu besaran dengan besaran standar. Besaran tersebut harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: dapat idefinisikan secara fisik, jelas dan tidak berubah dengan berjalannya waktu, dan dapat digunakan sebagai pembanding dimana saja didunia.

Pengukuran juga merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menentukan nilai suatu besaran dalam bentuk angka kuantitatif. Mengukur adalah proses mengaitkan angka secara empiris dan objektif pada sifat-sifat objek atau kejadian nyata sehingga angka yang diperoleh dapat memberikan gambaran jelas mengenai objek atau kejadian yang diukur.

C. Manfaat Pengukuran

Pengukuran bermanfaat sebagai sarana untuk memperoleh data yang digunakan untuk keperluan pengambilan keputusan atau pengaturan suatu proses / sistem.

Keputusan (disposisi) yang diberikan oleh personal yang diberi wewenang untuk menentukan suatu produk yang mempunyai ketidaksesuaian, keputusan tersebut antara lain:

1. Proses Lanjut adalah proses sebuah produk dilanjutkan

2. Rework / repaired adalah produk perlu dikerjakan ulang di unit kerja terkait atau diperbaiki di unit kerja yang lain.

3. Proses Ulang (Restart) adalah sebuah produk tidak bisa dilanjutkan / dipakai dan diperlukan proses baru untuk membuat sebuah produk baru mulai dari awal.

D. Ruang pengukuran

Agar ruang pengukuran dapat berfungsi sesuai dengan semestinya, perlu diperhatikan syarat-syaratnya, antara lain:

1. Luas ruangan cukup.

2. Penempatan alat yang tertata rapi.

3. Penerangan yang cukup.

4. Kondisi lantai datar, rata, dan lunak.

5. Suhu ruang sesuai standar yaitu 20º C.

6. Kelembaban udara relatif 50 s.d 60% RH (Relatif Humidity).

E. Cara Pengukuran

Agar mendapatkan hasil pengukuran yang benar menurut stándar yang berlaku, maka diperlukan cara pengukuran yang tepat. Cara pengukuran yang dilakukan untuk mengukur geometris obyek ukur, antara lain:

1. Pengukuran langsung.

Proses pengukuran yang hasil pengukurannya dapat dibaca langsung dari alat ukur yang digunakan disebut dengan pengukuran langsung. Misalnya Mengukur diameter poros dengan jangka sorong atau mikrometer.

2. Pengukuran tak langsung.

Apabila dalam proses pengukuran tidak bisa digunakan satu alat ukur saja dan kita tidak bisa membaca langsung hasil pengukurannya maka pengukuran yang demikian ini disebut dengan pengukuran tak langsung. Terkadang untuk mengukur satu benda kerja diperlukan dua atau tiga alat ukur, biasanya ada alat ukur standar, alat ukur pembanding dan alat ukur pembantu. Misalkan kita akan  mengukur ketirusan poros dengan menggunakan senter sinus (sine center) yang harus dibantu dengan jam ukur (dial indicator) dan blok ukur.

3. Pengukuran dengan kaliber batas.

Terkadang dalam proses pengukuran kita tidak perlu melihat berapa besar ukuran benda yang dibuat melainkan hanya untuk melihat apakah benda yang dibuat masih dalam batas – batas toleransi tertentu atau tidak. Misalnya saja mengukur diameter lubang. Dengan menggunakan alat ukur jenis kaliber batas dapat ditentukan apakah benda yang dibuat masuk dalam kategori diterima (Go) atau masuk dalam kategori dibuang atau ditolak ( No Go). Dengan demikian sudah tentu alat yang digunakan untuk pengecekannya adalah kaliber batas Go dan No Go. Pengukuran seperti ini disebut pengukuran dengan kaliber batas. Keputusan yang diambil adalah : dimensi obyek ukur yang masih dalam batas toleransi dianggap baik dan dipakai, sedang dimensi yang terletak di luar batas toleransi dianggap jelek. pengukuran cara ini tepat sekali untuk pengukuran dalam jumlah banyak dan membutuhkan waktu yang cepat

4. Pengukuran dengan cara membandingkan dengan bentuk stándar.

Pengukuran dengan cata ini sifatnya hanya membandingkan bentuk benda yang dikerjakan dengan bentuk standar yang digunakan untuk alat pembanding. Misalnya kita akan mengecek sudut ulir atau roda gigi, mengecek sudut tirus dari poros konis , mengecek radius dan sebagainya. Pengukuran dilakukan dengan alat proyeksi. Jadi, di sini sifatnya tidak membaca besarnya ukuran tetapi mencocokkan bentuk saja. Misalnya sudut ulir dicek dengan mal ulir atau alat pengecek ulir lainnya.

        Baca Juga :  Jenis-jenis Mesin Frais

                                                Bagian-bagian Mesin Frais 

F. Istilah Pengukuran

Ada beberapa istilah yang terkait dalam proses pengukuran, antara lain:

1. Ketelitian (Accuracy).

Kesesuaian antara hasil pengukuran dengan harga sebenarnya.

2. Ketepatan (Precision / Repeatability).

Kemampuan proses pengukuran untuk menunjukkan hasil yang sama dari pengukuran yang dilakukan berulang-ulang dan identik.

3. Toleransi (tolerance).

Batasan-batasan penyimpangan ukuran yang diperbolehkan pada suatu benda kerja.

4. Penyimpangan (Graduation).

Besar ketidaksesuaian maksimal yang terjadi dari semua bagian terukur / rangenpengukuran.

5. Resolusi (Resolution).

Kemampuan penunjukan hasil pengukuran terkecil dari sebuah alat ukur, resolusi dapat dikatakan juga sebagai Tingkat Ketelitian.

G. Sumber Kesalahan Pengukuran

Kesalahan merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk dihindari, termasuk ketika kita sedang melakukan kegiatan pengukuran. Kesalahan pengukuran dapat menyebabkan hasil dari pengukuran mempunyai dampak yang tidak kita inginkan.

Ada banyak penyebab kenapa kita bisa salah dalam melakukan kegiatan pengukuran, beberapa sumber-sumber kesalahannya pun bermacam-macam.

Berikut sumber sumber kesalahan pengukuran yang sering terjadi:

1. Cara dan Metode:

a. waktu pengesetan salah/ tidak pas.

b. posisi benda kerja dan posisi pengukuran

c. alat ukur dengan jenis lever type

d. adanya pengaruh gravitasi

e. mengabaikan ABBE prinsiple. Prinsip ABBE adalah prinsip yang digunakan dalam alat ukur dimensi yang menyatakan bahwa kesalahan pengukuran berkurang seiring dengan meningkatnya jumlah pengukuran yang dilakukan. Disini berarti bahwa semakin sering pengukuran yang dilakukan, maka akan semakin akurat hasilnya.

2. Alat ukur:

a. referensi: pitch error, akurasi kurag baik, deviasi pada skala, dll

b. reapeatability-nya kurang

c. histerisis, yaitu  penyimpangan yang ditimbulkan pada waktu dilakukan pengukuran secara kontinyu dari dua arah yang berlawanan

d. tekanan pengukuran: tidak stabil, titik kontak pengukuran berubah, dll

e. kesalahan posisi nol: setting nol salah, referensi nol salah, dll

f. kesalahan linier

g. kesalahan pada setting gauge: karena kotor, aus, basah, dll

h. kesalahan pemilihan alat ukur: jenis, ketelitian, range

i. koefisien suhu pada alat ukur: tidak dilengkapi sensor temperatur, dll

j. keausan alat ukur

3. Lingkungan, terdiri dari:

a. perbedaan temperatur

b. besarnya tekanan udara dan kelembaban

c. kebersihan (debu, cairan, chips)

d. adanya medan magnet

e. getaran alat ukur

4. Personil pelaksana, dikarenakan;

a.kesalahan mengukur dan membaca hasil pengukuran

b.kapasitas menganalisa dan memutuskan

c.kepekaan (feeling) pada waktu mengukur

d. kesalahan dalam pencekaman

e. kesalahan paralaks adalah kesalahan pengukuran yang disebabkan oleh arah pandang

H. Satuan dalam Pengukuran

Satuan pengukuran yang digunakan mengacu pada Sistem Satuan International yang biasa disingkat SI dibagi menjadi 7 besaran, satuan, dan simbol, Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut ini :



Selasa, 18 Maret 2025

Jenis - Jenis Mesin Frais

 Mesin Frais-Mesin frais adalah mesin perkakas yang mempunyai gerak utama (spindle) berputar untuk memutar alat potong yang digunakan untuk menyayat benda kerja agar menjadi bentuk tertentu. Mesin frais berfungsi untuk mengerjakan benda kerja dengan cara menyayat benda kerja selapis demi selapis.

Prinsip Kerja dari mesin frais adalah gerak putaran pada mesin frais akan memutar alat potong atau  pisau frais. Saat pisau frais yang berputar, kita dapat menggerakkan benda kerja mendekati pisau frais supaya benda kerja tersayat. Sehingga menjadi bentuk diinginkan.

Baca Juga : Bagian - bagian mesin frais

Jenis-Jenis Mesin Frais

Mesin Frais adalah mesin perkakas dengan gerak utama berputar, dengan penyayatan dilakukan oleh pisau frais yang berputar pada poros utamanya, sedangkan benda kerja ditempatkan pada meja mesin.

Ditinjau dari sumbu utama dan meja mesinnya, mesin frais terdiri dari :

1. Mesin Frais Horizontal

Mesin Frais Horizontal

Mesin frais horizontal adalah mesin frais yang poros utamanya mempunyai sumbu horizontal. Pisau frais dipasang pada arbor yang disangga dengan lengan. Putaran pisau mesin bisa searah ataupun berlawanan dengan arah jarum jam, tergantung dengan sisi potong pada pisau frais , dalam posisi tetap. Benda kerja dipasang pada meja frais dengan alat penjepit yang sesuai. Meja mesin dapat digerakkan ke arah memanjang dan tegak, sesuai dengan arah penyayatan benda kerja.

2. Mesin Frais Vertikal

Mesin Frais Vertikal

Mesin frais vertikal adalah  mesin frais yang memiliki sumbu spindle yang tegak lurus dengan meja mesin.Pisau frais dipasang pada ujung spindle dengan putaran searah atau berlawanan dengan jarum jam. Mesin ini cocok untuk pembuatan lubang, alur, dan bentuk-bentuk lainnya. Kelebihan dari mesin frais vertikal yaitu kemampuan untuk membuat pemotongan vertikal dengan sangat presisi. Mesin frais vertikal terdiri atas mesin frais vertikal dengan kepala tetap dan mesin frais vertikal dengan kepala yang dapat diputar/dimiringkan.

3. Mesin Frais Universal

Mesin Frais Universal

Mesin Frais Universal adalah mesin frais yang mempunyai meja selain bisa bergerak ke arah memanjang, melintang dan vertikal juga dapat berputar dengan sudut tertentu, Sehingga mesin ini dapat dipakai untuk mengerjakan benda-benda berbentuk miring tanpa mengubah posisi penjepitan benda kerjanya dan dapat mengefrais roda gigi miring (heliks).

4. Mesin Frais Omniversal

Mesin Frais Omniversal

Mesin frais omniversal merupakan gabungan atau kombinasi dari mesin frais vertikal dan mesin frais horizontal, dengan sumbu kepalanya dapat diputar miring atau bergerak secara vertikal (mengikuti sumbu kepala).

Baca Juga : Jenis - jenis Roda Gigi

                    Sejarah Mesin Bubut

5. Mesin Frais Meja Putar

Mesin Frais Meja Putar

Mesin frais meja putar mempunyai sumbu utama vertikal. Meja mesinnya selain dapat berputar, juga dapat dinaik turunkan sesuai dengan pekerjaan benda kerja yang diinginkan. Selain itu meja juga dapat bergerak melintang ke depan dan ke belakang atau mendekati dan menjauhi operator.

6. Mesin Frais Khusus

Mesin Frais Khusus

Mesin frais khusus adalah mesin frais yang khusus digunakan untuk membuat mesin-mesin industri. Biasanya mesin frais khusus hanya digunakan untuk membuat satu macam benda kerja saja, misalkan  mesin frais khusus membuat bed mesin bubut. Mesin frais khusus ini hanya bisa membuat meja/bed mesin bubut saja, sehingga dinamakan mesin frais khusus (bed mesin bubut) dan sebagainya.

7. Mesin Frais Bor

Mesin Bor Milling

Mesin Frais Bor atau mesin bor milling adalah mesin kombinasi antara mesin frais dan mesin bor. Spindle utama mesin ini dapat di pasang arbor dengan kelengkapannya untuk memasang pisau frais. Pada mesin ini tidak terdapat knee /lutut seperti pada mesin frais vertikal. Meja mesin langsung ditopang oleh kolom atau tiang. Meja mesin dapat digerakkan ke arah melintang (ke depan atau ke belakang), memanjang ( ke kanan atau ke kiri) dan vertikal (naik atau turun). Mesin ini biasanya juga bisa unntuk mengetap (membuat ulir dalam).

Demikian penjelasan mengenai jenis - jenis mesin Frais. Semoga Bermanfaat !

Selasa, 04 Maret 2025

✔ 15 Bagian Mesin Frais dan Fungsinya ( Lengkap dengan Gambar )

Mesin Frais-Mesin frais adalah mesin perkakas yang memiliki gerak utama berputar untuk memutar alat potong yang digunakan untuk menyayat benda kerja agar menjadi bentuk tertentu.

Prinsip Kerja dari mesin frais adalah gerak putaran pada mesin frais akan memutar alat potong atau  pisau frais. Saat pisau frais yang berputar, kita dapat menggerakkan benda kerja mendekati pisau frais supaya benda kerja tersayat. Sehingga menjadi bentuk diinginkan.

Berikut ini bagian-bagian dari mesin frais dan fungsinya

1. Base atau alas mesin

Alas Mesin merupakan komponen yang berada di bagian paling bawah mesin frais. Fungsi bagian yang satu ini adalah sebagai pondasi mesin frais dan sebagai tempat untuk membuang coolant. Seluruh beban mesin frais ditopang oleh bagian ini, sehingga proses pembuatan alas mesin ini harus memakai bahan dan proses tertentu agar bagian ini bisa tahan terhadap tekanan tinggi. Bahan yang digunakan untuk membuat alas mesin adalah besi cor.

2. Badan Mesin atau Kolom mesin

Badan atau kolom mesin berfungsi sebagai tempat dudukan atau penopang dari beberapa bagian mesin, misalnya tuas, spindle, motor penggerak, dan lainnya.Bagian ini posisinya tegak mempunyai fungsi untuk mendukung gerak naik dan turunnya bagian lutut atau knee sehingga meja dan sadel bisa bergerak naik atau turun. Posisi badan atau kolom mesin ini berdiri dengan tegak dan kokoh juga berfungsi sebagai dudukan, patokan, dan rumah untuk roda gigi pada mesin.



3. Knee atau lutut

Lutut mempunyai dua alur yang saling tegak lurus. Salah satunya dipasangkan dengan sadel sedangkan yang lainnya dipasangkan dengan bagian kolom mesin. Lutut mesin frais terbuat dari bahan besi cor dan bisa digerakkan hanya secara vertikal saja. Di dalam komponen ini ada banyak roda gigi yang akan fungsinya mengatur gerakan agar apat secara otomatis. Gerakan otomatis bisa mundur, maju, ke kiri, atau ke kanan. Bagian lutut juga bisa dikunci di bagian kolom sehingga menjadi lebih kuat ketika proses pengerjaan benda kerja berlangsung.

4. Dudukan Meja atau Sadel

Dudukan mesin atau sadel berada di antara meja dan lutut mesin frais. Bentuknya persegi dan dibuat dari bahan besi cor .Sadel  mempunyai alur  yang dipasangkan dengan lutut. Sadel bisa digerakkan maju dan mundur mendekati atau menjauhi kolom dan bisa dikunci ke bagian lutut saat dibutuhkan.

5. Table atau Meja Mesin

Meja mesin terbuat dari bahan besi cor dan posisinya ada di bagian atas sadel. Fungsi utama dari meja mesin adalah untuk mengikat suatu benda kerja saat proses dengan mesin frais berlangsung. Meja ini dapat dikunci ke bagian sadel sehingga tidak akan bergetar ketika proses pengefraisan sedang dilakukan. Berbagai perlengkapan untuk memasang benda kerja seperti meja putar, kepala pembagi, ragum dan lain sebagainya di ikat di meja mesin ini.

6. Arm atau Lengan

Lengan atau Arm berada di bagian atas dari kolom mesin frais, baik mesin frais horizontal atau yang universal. Di bagian bawah lengan terdapat alur ekor burung yang ujungnya dipasangkan dengan bagian mesin paling atas. Ujung yang lainnya berfungsi sebagai tempat untuk mendukung arbor. Bagian lengan ini bisa dilepas dan dikunci sesuai dengan kebutuhan.

7. Spindle

Spindle adalah bagian yang sangat penting pada mesin frais. Fungsi spindle adalah sebagai tempat untuk menahan alat potong di mesin frais jenis vertikal. Spindle juga bisa digunakan sebagai tempat arbor, terutama di mesin frais jenis horisontal. Pada saat proses pengefraisan, mesin akan menggerakkan spindle dan alat potong pun bisa berputar karena alat potong terhubung dengan spindle.


                   

                    Baca Juga : 12 Jenis Roda Gigi Lengkap dengan gambar

                                         Sejarah Mesin Bubut

8. Arbor

Arbor adalah bagian mekanis yang dimiliki oleh mesin frais. Fungsi dari arbor ini adalah sebagai ekstensi (perpanjangan atau tambahan ) spindle, terutama di mesin frais jenis horisontal.

Selain itu arbor juga berfungsi untuk  memegang pisau frais atau  alat potong dan berputar sesuai dengan arah pemakanan pisau frais tersebut.


9. Pendukung arbor atau Arbor Support

Arbor support berfungsi untuk mendukung arbor sehingga gerakan arbor bisa menjadi lebih stabil. Alur pada arbor support dipasangkan dengan arm atau lengan mesin, sedangkan lubang yang ada di bagian ini dipasangkan dengan bagian arbor. Arbor support biasanya ada di mesin frais jenis horizontal.



10. Milling head


Milling Head adalah komponen yang terletak di bagian atas dari mesin frais, terutama mesin frais vertikal. Milling Head terdiri dari motor penggerak, spindle, serta mekanisme pengendali yang lainnya.




11. Ram

Ram adalah sebuah lengan pada mesin frais jenis vertikal yang bentuknya menjorok. Ujung ram dihubungkan secara langsung dengan bagian kolom mesin. Ujung lainnya dihubungkan dengan milling head.



12. Motor Penggerak

Motor Penggerak adalah bagian mesin frais yang fungsinya untuk mengubah energi listrik ke energi mekanik. Motor penggerak ini akan memberikan tenaga atau power pada mesin frais sehingga dapat bergerak dan bekerja.



13. Handle

Handle yang ada di mesin frais dirancang untuk menggerakkan bagian meja mesin dengan cara manual. Handle ada di mesin jenis versi horisontal dan vertikal.



14. Emergency Stop

Tombol Emergency Stop dirancang untuk langsung menghentikan mesin frais saat terjadi keadaan darurat. Tombol ini bisa digunakan ketika penyayatan pada benda kerja terjadi terlalu tebal,  terjadi kecelakaan kerja atau keadaan darurat lainnya.



15. Lampu Penerangan

Lampu penerangan di mesin frais ini akan memberikan cahaya yang membantu proses pengefraisan sehingga operator mesin frais bisa melihat dengan lebih jelas.




Demikian penjelasan mengenai bagian-bagian mesin frais dan fungsinya, memahami bagian-bagian mesin frais beserta fungsinya sangat penting bagi seorang operator mesin.

Kamis, 09 Januari 2025

MEDIA PEMASARAN PRODUK


Dalam era digital yang begitu berkembang seperti sekarang, pemasaran produk atau jasa menjadi makin penting. Salah satu strategi yang efektif dalam memasarkan produk adalah melalui macam-macam media promosi. 

Media promosi memiliki peran penting untuk mengenalkan produknya kepada konsumen potensial. Artikel ini akan membahas secara tuntas mengenai macam-macam media promosi yang perlu diketahui dan dipelajari oleh para pelaku usaha.

A. Pengertian Media Promosi

Media promosi merupakan alat atau sarana yang digunakan oleh pengusaha untuk mengenalkan produk barang atau jasa kepada calon konsumen. Tujuan utama dari penggunaan media promosi adalah agar produk barang atau jasa yang kita tawarkan dapat dikenal luas oleh calon konsumen, sehingga konsumen tertarik untuk membelinya atau menggunakan produk kita. Melalui media promos kita dapat memberikan gambaran yang jelas tentang produk kita dan menarik perhatian konsumen yang potensial.

B. Fungsi Media Promosi

Media promosi memiliki peran penting dalam  pemasaran suatu usaha. Ada beberapa tujuan utama yang ingin dicapai melalui penggunaan media promosi, yang dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan dan keberlanjutan usaha kita. Fungsi Media Promosi adalah :

1. Memasarkan Produk

Tujuan utama dari media promosi adalah untuk memasarkan produk barang atau jasa yang ditawarkan . Dengan menggunakan berbagai jenis media promosi, perusahaan dapat menyampaikan informasi mengenai produknya kepada masyarakat.  Melalui strategi pemasaran yang efektif, media promosi membantu menciptakan kesadaran di kalangan konsumen, sehingga produk tersebut dapat dikenal dan diingat.

2. Mengenalkan Produk Baru

Saat suatu bisnis meluncurkan produk baru, media promosi berperan penting dalam mengenalkannya kepada pasar. Tujuan ini melibatkan penyampaian informasi mengenai keunggulan, fitur, dan manfaat produk baru tersebut.  Dengan menciptakan buzz (minat atau perhatian) dan antusiasme di kalangan konsumen, media promosi membantu menciptakan permintaan awal dan memastikan produk baru mendapatkan perhatian yang positif

3. Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan Usaha

Salah satu tujuan yang paling jelas dari penggunaan media promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan usaha. Dengan memilih media promosi yang sesuai dan menyusun strategi pemasaran yang efektif, perusahaan dapat merangsang minat konsumen dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk kita. Peningkatan penjualan ini kemudian berdampak langsung pada pendapatan bisnis secara keseluruhan.

4. Mendapatkan Pelanggan Baru dan Membangun Loyalitas

Media promosi tidak hanya bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan potensial, tetapi juga untuk membangun hubungan jangka panjang dengan mereka. Dengan menyediakan informasi yang nyata dan menarik, media promosi membantu dalam mendapatkan pelanggan baru.  Selain itu, melalui strategi promosi yang tepat, kita dapat membangun loyalitas pelanggan, membuat mereka kembali dan melakukan pembelian berkali-kali.

5. Menjaga Reputasi dan Bersaing di Pasar

Tujuan lain dari media promosi adalah untuk menjaga dan memperkuat reputasi usaha di mata konsumen. Dengan menyajikan informasi produk atau layanan secara positif dan menarik, media promosi membantu dalam membentuk reputasi perusahaan yang baik. Selain itu, dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, media promosi membantu perusahaan untuk bersaing dengan pesaingnya. Melalui promosi yang tepat dapat menonjolkan keunggulan produk kita di pasar.

Baca Juga : Menghitung Biaya Produksi

Perencanaan Usaha 

C. Contoh Media Promosi serta Kelebihan dan Kekurangannya

Media promosi adalah alat promosi untuk memasarkan produk. Setiap jenis media promosi punya kelebihannya masing-masing. Kekhasan media yang berbeda-beda bisa disesuaikan dengan strategi pemasaran Anda.

Berikut ini Contoh Media Promosi :

1. Baliho

Baliho

Baliho adalah contoh media promosi yang sampai saat ini masih banyak digunakan. Baliho diletakkan di pinggir jalan raya dengan ukuran yang besar. Baliho biasa ditemukan di area strategis yang banyak dilewati konsumen. Media ini cocok untuk menarik konsumen baru atau menjaga awareness (ingatan atau pengenalan) produk di konsumen lama.

Pesan yang disampaikan di baliho harus singkat, padat, dan jelas. Hindari penggunaan kalimat atau kata yang sulit dibaca. Alasannya karena kebanyakan yang melihat baliho adalah pengguna kendaraan yang berjalan cepat di jalan raya. Dalam waktu singkat, pesan harus cepat dicerna oleh konsumen. Gambar produk dan jasa harus bisa dibuat lebih menonjol supaya menarik. 

a. Kelebihan Baliho

    • Media promosi yang efektif untuk promosi di luar ruangan
    • Mudah dikenali masyarakat yang lalu lalang di jalan raya
    • Lokasi fleksibel, Anda bebas pilih lokasi baliho yang strategis
    • Bagus untuk meningkatkan brand awareness produk dan jasa
    • Kompetitif, membuat merk Anda tetap ada di top of mind banyak orang.

b. Kekurangan Baliho

    • Tidak semua orang yang lewat di jalan adalah target konsumen yang tepat
    • Informasi sulit diterima kalau penulisan pesannya tidak tepat
    • Pesan kurang menarik akan berlalu begitu saja, tidak diingat konsumen
    • Harga sewa dan pasang baliho relatif mahal.

2. Spanduk

Spanduk

Spanduk merupakan jenis media promosi yang digunakan di luar ruangan. Berbeda dengan baliho, ukuran spanduk lebih kecil dan bisa dipasang di mana saja. Umumnya, spanduk dipasang di pinggir atau di atas jalan raya. Spanduk juga biasa dipasang di depan toko. Pemasangannya lebih mudah, hanya butuh tali untuk mengikatnya ke tiang listrik, pohon, atau bambu.

Konten promosi di spanduk bisa ditulis lebih padat. Jarak pemasangan spanduk dan tempat lalu lalang orang tidak terlalu jauh sehingga bisa dibaca dengan jelas. Spanduk bisa dipasang di berbagai lokasi, mulai dari perempatan jalan, dekat lampu merah, atau tempat keramaian.

a. Kelebihan Spanduk

    • Harga pasang, sewa, dan perijinan lebih murah
    • Proses pemasangan mudah
    • Fleksibel, bisa dipasang di mana saja
    • Bisa dipasang di tengah pemukiman penduduk 
    • Bisa dilihat berulang-ulang pengguna jalan.

b. Kekurangan Spanduk

    • Waktu pemasangan singkat, cepat rusak atau pudar
    • Tidak bisa menampilkan informasi lengkap
    • Bila pasang terlalu banyak membuat orang jenuh melihatnya
    • Menggangu pemandangan jika dipasang asal-asalan (sampah visual).

3. Brosur

Brosur

Brosur adalah media promosi yang banyak digunakan untuk edukasi. Anda bisa masukan lebih banyak teks tentang keunggulan produk, cara pakai, harga, dan bagaimana cara membelinya. Ukuran brosur juga sangat kecil sehingga bisa dibagi-bagi langsung ke target konsumen.

Brosur bisa dibagikan di tempat keramaian. Informasi yang ditulis harus jelas supaya tidak banyak pertanyaan dan mampu meyakinkan konsumen. Jika pelanggan tertarik dengan produk, mereka bisa langsung menghubungi Anda melalui nomor telepon atau alamat toko di brosur. Jadi pastikan semua informasi ditulis lengkap.Brosur biasanya di buat dengan media kertas.

a. Kelebihan Brosur

    • Lebih informatif sehingga pelanggan bisa pelajari produk lebih dalam
    • Biaya lebih murah dan bisa dicetak sesuai jumlah target konsumen
    • Lebih efektif karena langsung dibagikan ke target konsumen
    • Petugas penyebar brosur bisa melihat langsung kondisi pasar.

b. Kekurangan Brosur

    • Berisiko dibuang jika diberikan sembarangan, bukan ke target konsumen
    • Jangkauan terbatas oleh daya jelajah petugas penyebar brosur
    • Harus bisa membuat brosur yang menarik supaya brosur tidak dibuang
    • Petugas penyebar brosur harus bisa mendekati pelanggan supaya bisa merespon dengan baik.

4. Banner

Banner

Banner adalah media promosi yang banyak digunakan di dalam ruangan. Desain yang menarik dan ukuran yang cukup besar membuatnya cocok diletakkan di area yang ramai. Anda bisa sertakan gambar yang menarik dan sedikit teks untuk memancing orang membeli produk Anda. Bisa juga sertakan informasi lokasi pembelian atau nomor hp yang bisa dihubungi.

Banner biasa diletakkan di dalam mall, pasar, atau di area wisata. Anda harus berhati-hati memilih material untuk banner supaya tidak mudah ambruk. Banner juga bisa dipakai untuk mempermanis stand atau booth jualan Anda. Sertakan informasi promo terkini untuk menarik banyak pembeli.

a. Kelebihan Banner

    • Jika penempatannya baik, iklan banner lebih efektif
    • Bagus untuk memberitahu promosi terbaru di stand atau booth (lapak) Anda
    • Produksi banner lebih murah dan bisa dipakai berulang kali
    • Pemasangan tidak ribet, bisa dipasang dekat toko tanpa bayar pajak.

b. Kekurangan Banner

    • Jangkauan iklan terbatas
    • Lokasi banner harus diperhatikan
    • Jika terlalu jauh dipasang, risiko banner ambruk lebih tinggi
    • Menggangu pemandangan jika pasang terlalu banyak (sampah visual).

5. Google Ads (Search Engine)

Google Ads

Semakin banyak pengguna internet, membuat laman pencarian (search engine) seperti Google jadi media promosi yang cukup efektif. Anda bisa pasang iklan di pencarian Google dengan skema bayar Pay Per Click. Jadi Anda baru bayar jika iklan diklik pengguna lain dalm hal ini Anda harus persiapkan SDM yang ahli dalam menangani iklan di Google, biasanya disebut Search Engine Marketing (SEM Specialist).

Selain opsi Pay Per Click juga ada opsi Cost Per Impression. Anda bisa pertimbangkan mana yang lebih cocok untuk bisnis Anda. Skema iklan bisa disesuaikan dengan apa yang Anda kejar, kenaikan kunjungan ke situs atau kenaikan transaksi.

a. Kelebihan Google Ads

    • Lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget
    • Hanya bayar untuk hasil yang diklik saja
    • Target konsumen bisa diseting di awal sebelum iklan tayang
    • Iklan bisa diubah cepat dan disesuaikan dengan kebutuhan
    • Analisa efektivitas kampanye lebih mudah karena lebih rinci.

b. Kekurangan Google Ads

    • Harga yang dikeluarkan bisa lebih mahal kalau menargetkan keyword yang umum
    • Persaingan harga bisa mempengaruhi harga per klik yang harus dibayar
    • Perlu pemantauan konstan supaya hasil yang didapat bisa dipertanggung jawabkan
    • Meski banyak diklik belum tentu orang yang masuk web berniat membeli.

6. Sosial Media

Media Sosial

Faceboook, Instagram, YouTube, TikTok, dan X adalah contoh sosial media yang cocok untuk bisnis. Semua jenis sosial media tersebut punya kelebihannya masing-masing. Jika Anda ingin menyasar segmen anak muda, bisa pilih Instagram atau TikTok. Untuk profesional, bisa gunakan X dan LinkedIn. Tinggal sesuaikan pangsa pasar masing-masing sosial media dengan produk Anda.

Memanfaatkan sosial media untuk jualan bisa gratis kalau konten Anda menarik. Apalagi jika viral, Anda tidak perlu keluar banyak uang untuk dapatkan awareness tinggi. Sosial media juga bisa digunakan untuk menjawab keluhan pelanggan dan menarik konsumen baru. Anda juga bisa manfaatkan fitur Ads untuk menaruh iklan di sosial media yang digunakan.

a. Kelebihan Sosial Media

    • Dapat menjangkau pelanggan lebih luas
    • Biaya yang dikeluarkan lebih murah
    • Trafik yang dihasilkan sesuai dengan target pasar
    • Bila kontennya menarik, bisa jadi viral.

b. Kekurangan Sosial Media

    • Kebanyakan pengguna sosial media untuk hiburan, tidak tertarik iklan
    • Harus edukasi terlebih dulu sebelum jadi pembelian
    • Butuh banyak usaha untuk mendapat banyak followers dan viewers
    • Relatif sulit dilakukan jika tim marketing Anda terbatas.

7. Blog

Blog

Selain website, perusahaan juga butuh Blog untuk edukasi solusi yang diberikan dari produk dan jasa Anda. Blog adalah strategi yang cukup ampuh untuk membantu pemasaran secara organik di search engine (SEO). Dengan riset keyword yang mendalam Anda bisa jawab pertanyaan konsumen melalui artikel.

Blog juga dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis. Informasi akurat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga mereka tambah yakin untuk bertransaksi. Supaya konsumen tambah yakin, Anda bisa tambahkan konten yang relevan, infografis, dan video dari YouTube. Pelanggan yang tertarik bisa diarahkan dengan bantuan link atau beri kesempatan untuk bertanya di kolom komentar.

a. Kelebihan Blog

    • Kontrol penuh untuk konten yang ditayangkan
    • Meningkatkan kepercayaan dan reputasi merk
    • Bisa membantu optimasi SEO website perusahaan
    • Mendukung berbagai format konten
    • Bebas dikustomisasi sesuai kebutuhan.

b. Kekurangan Blog

    • Membutuhkan investasi besar di awal
    • Membutuhkan pemeliharaan rutin
    • Membutuhkan penulis yang paham SEO
    • Tidak instan, butuh waktu untuk dapat trafik
    • Risiko keamanan di bajak (hacking).

8. Email Marketing

Email Marketing

Email marketing adalah jenis media promosi yang memaksimalkan strategi remarketing. Melalui email, Anda bisa tawarkan lagi promosi terbaru ke pelanggan yang pernah menggunakan produk atau jasa Anda. Cara ini juga efektif untuk jaga hubungan baik ke pelanggan dengan memberikan informasi promo terbaru dan mendorong pembelian  berulang.

Konten email marketing bisa dipersonalisasi untuk disesuaikan dengan target pelanggan. Anda bisa maksimalkan fitur otomatisasi untuk memaksimalkan efektivitas kampanye dengan mengirim pesan ke orang dan waktu yang tepat. Dengan strategi yang benar, email marketing cocok untuk mempertahankan pelanggan.

a. Kelebihan Email Marketing

    • Biaya relatif rendah
    • Target konsumen spesifik
    • Pesan promosi bisa dipersonalisasi
    • Hasilnya mudah terukur
    • Strategi yang bagus untuk otomatisasi kampanye.

b. Kekurangan Email Marketing

    • Risiko email ditandai spam dan hacker
    • Butuh investasi di awal untuk dapat email pelanggan
    • Membutuhkan desain landing page yang menarik
    • Ada kemungkinan dibenci jika terlalu sering email.

9. Iklan TV dan Radio

Iklan TV

Iklan TV dan radio dulu sangat populer untuk media promosi. Namun sekarang, popularitasnya terus menurun karena persaingan dengan media digital. Iklan TV mampu menjangkau calon konsumen secara masif dan cepat dalam skala nasional. Sedangkan, radio bagus untuk pemasaran skala lokal dan komunitas.

Hadirnya platform streaming dan media sosial menggerus penonton TV dan pendengar radio. Banyak brand juga beralih ke iklan di media sosial dan streaming karena mengikuti perubahan perilaku pelanggan di perkotaan. Sedangkan, untuk konsumen di wilayah pedesaan iklan TV dan radio masih cukup efektif karena selama ini jangkauan internet belum merata di Indonesia.

a. Kelebihan Iklan TV dan Radio

    • Bisa menjangkau nasional dan lokal
    • Bersifat masif dan cepat
    • Visual dan audio yang mudah diingat
    • Fleksibilitas dalam memilih waktu tayang.

b. Kekurangan Iklan TV dan Radio

    • Biaya sangat tinggi
    • Target audiens tidak spesifik
    • Efektivitas iklan sulit diukur
    • Penonton cenderung tidak melihat / mendengar iklan.

10. Iklan Media Cetak

Iklan Media Cetak

Media cetak seperti koran dan majalah dulu sangat banyak digunakan untuk membantu pemasaran. Media cetak sangat cocok untuk target pasar lokal dan segmen tertentu karena setiap media punya pangsa pasarnya sendiri. Produsen bisa memilih media massa mana yang punya target konsumen serupa.

Sayangnya, di jaman modern ini pengguna media cetak terus turun akibat masuknya media digital. Biaya cetak dan distribusi yang tinggi dan memakan waktu dengan mudah dikalahkan oleh media digital yang bisa menyebarkan informasi baru dalam hitungan detik. Biaya beriklan yang semakin mahal juga jadi alasan kenapa banyak brand meninggalkan cara lama beriklan di media cetak.

a. Kelebihan Iklan Media Cetak

    • Jangkauan lokal
    • Meningkatkan reputasi bisnis
    • Bisa disimpan dan dibaca kapan saja
    • Targeting sesuai demografi media cetak
    • Meningkatkan visibilitas merk di masyarakat.

b. Kekurangan Iklan Media Cetak

    • Biaya iklan tinggi
    • Jumlah pembaca menurun di era digital
    • Efektivitas iklan sulit diukur
    • Distribusi iklan terbatas secara fisik
    • Konten tidak bisa direvisi setelah dicetak.

11. Merchandise atau Souvenir

Souvenir

Merchandise atau souvenir biasanya diberikan pemilik produk saat menggelar acara tertentu. Produksi merchandise atau souvenir biasanya terbatas karena disesuaikan dengan kisaran pengunjung yang datang. Merchandise punya kesan eksklusif bagi pelanggan yang menerimanya. Akan tetapi, Anda tidak dapat menulis banyak pesan di merchandise.

Harga produksi merchandise relatif mahal. Karena jumlahnya sedikit cakupannya sangat terbatas. Pelanggan yang mendapatkannya juga belum tentu langsung memakai merchandise di hari yang sama Ia mendapatkannya. Barang merchandise juga biasanya ditaruh dalam rumah. Butuh budget besar untuk pengadaan merchandise, sehingga kurang cocok untuk perusahaan yang ketat dalam budgeting.

a. Kelebihan Merchandise atau souvenir

    • Tahan lama, tergantung kualitas barang merchandise dari vendor
    • Meningkatkan minat pelanggan ke sebuah brand
    • Terkadang jadi rebutan pelanggan untuk mendapatkannya
    • Memperkuat brand image secara personal langsung ke pelanggan.

b.Kekurangan Merchandise atau souvenir

    • Cakupan iklan sangat terbatas
    • Harga produksi merchandise relatif mahal
    • Merchandise atau souvenir yang dibagikan belum tentu dipakai setiap hari
    • Pesan yang disampaikan terbatas.

12. Influencer Marketing 

Influencer

Memilih influencer atau Key Opinion Leader (KOL) sebagai media promosi di jaman sekarang ini banyak dilakukan karena dianggap lebih efektif untuk mempengaruhi pengguna medsos. Influencer dapat membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan konsumen karena mereka  melihat ada orang yang dikenalnya sudah memakai produk Anda. Kerjasama dengan influencer ternama yang relevan  dengan bisnis Anda dapat meningkatkan efektivitas promosi.

Akan tetapi memilih influencer yang tepat jadi tantangan tersendiri. Anda harus melalukan riset yang mendalam pada track record selebgram yang akan diajak kerja sama. Jika suatu saat Ia terlibat masalah, hal tersebut dalam merusak reputasi merk Anda. Efektivitas influencer sebagai media promosi juga sulit diukur karena tidak bisa ditentukan apakah pelanggan membeli karena pengaruh influencer atau keinginan sendiri.

a, Kelebihan Influencer Marketing

    • Meningkatkan kepercayaan konsumen
    • Menjangkau ceruk pasar yang sesuai
    • Konten disesuaikan dengan persona influencer
    • Mendapatkan konten yang otentik tak ada duanya.

b. Kekurangan Influencer Marketing

    • Semakin terkenal influencer, semakin mahal
    • Reputasi brand ikut tercoreng ketika influencer bermasalah
    • Sulit mengukur ROI dan efektivitas kampanye
    • Hasil tidak selalu cepat
    • Sulit memilih influencer, harus cek seluruh track record-nya.

13. Buzzer Marketing

Buzzer Marketing

Buzzer adalah seseorang atau sekelompok orang yang bertugas untuk memengaruhi, menyuarakan opini, atau menggerakan suatu kegiatan sesuai dengan yang dia targetkan. , Buzzer berasal dari buzz yang artinya dengung, rumor, atau desas-desus. Perbedaan Buzzer dan Influenser adalah, Buzzer tidak perlu memiliki follower yang banyak dan tugasnya cenderung menghasut yang kadang denan Anonim (tanpa nama), seorang buzzer bisa memiliki banyak akun di berbagai media sosial, sedang influenser adalah orang yang terkenal (followernya banyak) sehingga ia akan mempengaruhi para pengikutnta saja. Buzzer marketing dibutuhkan untuk meningkatkan brand awareness, produk, perusahaan, dan lainnya. Dalam dunia digital marketing, buzz marketing dibutuhkan untuk strategi promosi. 

Misalnya, sebuah brand baru meluncurkan produk baru dan mereka butuh buzz untuk mempromosikan produk itu. Akun buzz akan menginformasikan seputar produk itu, mulai dari testimoni, membuat konten menarik, menciptakan tren dengan produk baru itu, dan sebagainya. 

a. Kelebihan Buzzer Marketing 

    • Hemat Biaya dibanding Media Pemasaran konvesional yang lain
    • Jangkauannya Luas, karena dengan jaringan internet tidak mengenal batas wilayah negara maupun waktu
    • Lebih mudah untuk memperkenalkan dan menaikkan nama brand

b. Kelemahan Buzzer Marketing

    • Masih tergantung pada pemicu (triggers) untuk bisa menjadi perbincangan ramai (viral).
    • Proses lebih kompleks, Agar strategi Anda berhasil, dibutuhkan tahapan dan waktu yang tidak sedikit. Anda harus menggunakan segala macam upaya, menggunakan jasa sekian banyak buzzer, aktif di platform X, Y, Z, dan seterusnya
    • hasil tidak selalu cepat / instant 

Demikian Contoh-contoh media promosi. Memaksimalkan media promosi adalah cara yang paling tepat untuk meningkatkan awareness dan penjualan. Anda bisa pilih media mana yang cocok untuk produk Anda. Jika produk Anda cukup umum, bisa gunakan semua jenis media promosi yang ada. Namun persiapkan budget yang lebih banyak. Semoga membantu Anda yang ingin tahu apa saja contoh media promosi dan kelebihannya.